Burai Mungka, Pesona Alam yang tak akan pernah terlupakan.

Burai Mungka, Pesona Alam yang tak akan pernah terlupakan!

Sumbar rancak.com,- Mungka, Kab. Limapuluh Kota ini juga memiliki banyak air terjun, salah satunya yang tidak akan pernah terlupakan terutama oleh saya penulis, air terjun burai nan alami ini terletak di daerah Koto Tuo Kec. Mungka. Saya pertama sekali mengunjungi tempat ini pada tahun 2010, burai ini memiliki 7 tingkat air terjun yang tersusun dari atas sampai kebawah.

Berjarak kira-kira 5 Km dari kantor Walinagari mungka, akses menuju burai ini tidak bisa ditempuh menggunakan motor, sebeb kita harus menyebrangi sungai yang lebarnya sekitar 10 M dan kedalam sepaha orang dewasa. Air terjun nan alami ini selalu ramai di kunjungin oleh masyarakat sekitar ataupun dari luar nagari mungka, terutama pada saat sebelum bulan puasa, burai selalu diminati oleh para masyarakat untuk "BALIMAU" sebuah sebutan tradisi sebelum bulan Suci Romadhan datang.

Sudah mulai terlupakan.
Semenjak sebelum 2012 silam, burai ini berkuran pengunjungnya, mungkin disebabkan karena jalan atau akses yang sudah mulai sendat untuk menuju burai ini. Tetapi walau demikian burai ini tak akan pernah terlupakan sampai kapanpun, terlebih kepada orang-orang yang pernah berkunjung kesana pada masanya.

Berharap Pemerintah menjadikan Burai ini sebagai salah satu Objek Wisata.
Mungka, Limapuluh Kota.(Rn)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burai Mungka, Pesona Alam yang tak akan pernah terlupakan."

Post a Comment