Wisata Ikan Banyak Limapuluh Kota

 Wisata Ikan Banyak Limapuluh Kota


Sumbar rancak.com,- Ikan larangan atau yang dikenal dengan nama khas "IKAN BANYAK" ini terletak di Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kab. Limapuluh Kota. Lingkaran tempat bermukim ikan banyak hanya berkisar 500-600 Meter sepanjang aliran sungai ini. Banyak pengunjung yang kagum dan heran dengan wisata ini, beberapa kelopok ikan berkeliaran di berbagai tempat di sungai ini. Di sekitarnya di pinggiran sungai berjejer orang menjual pelet, kerupuk dan aneka makanan lain yang disukai oleh ikan-ikan tersebut.


View Ikan Banyak


Akses Jalan Menuju Ikan Banyak
Terletak di nagari pandam gadang kecamatan gunuang omeh, kurang lebih 20 Km dari Pusat Kota Payakumbuh, melewati daerah Suliki dan lurus sampai ke pandam gadang.



Kenapa dinamakan ikan larangan, karena konon kata masyarakat setempat jika ikan ditangkap lalu di masak banyak hal yang akan terjadi, seperti jika kalau ikan di belah darah ikan berubah menjadi ulat-ulat kecil, dan ada juga yang bilang kalau ikan di makan akan menjadi sakit perut. Itulah mengapa ikan ini dimanakan ikan larangan, dan juga konon katanya ikan-ikan ini memiliki seekor induk yang besarnya kira-kira sebesar bantal berukuran besar. Induk ikan biasanya keluar satu kali setahun kala bulan purna atau Hari Raya Idul Adha.



Sumbar rancak.com-2016.




 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Ikan Banyak Limapuluh Kota"

Post a Comment